√ Asyiknya Menciptakan Masakan Dalam Pelajaran Prakarya

Sekolah kami merupakan sekolah pelaksana Kurikulum 2013. Salah satu mata pelajaran wajib pada kurikulum 2013 ialah Prakarya. Dalam mata pelajaran ini penerima didik harus menguasai 2 bidang kompetensi dari 4 bidang yang termuat dalam struktur KI dan KD-nya. Keempat bidang tersebut yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Setelah melalui proses analisis, hasilnya kami menentukan bidang kerajinan dan Pengolahan sebagai bidang kompetensi yang harus dikuasai penerima didik. 
Pada bidang Kerajinan, kompetensi yang harus dikuasai di kelas VIII yaitu Prinsip Kerajinan Bahan Lunak Jenis dan Karakteristik Kerajinan Bahan Lunak.
Sementara pada bidang pengolahan kompetensi yang harus dikuasai yaitu Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Kacang-kacangan dan Umbi menjadi Makanan. Tentunya itu ialah kompetensi secara umum, kompetensi secara detail terdapat dalam dokumen Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Prakarya. 
Dalam prosesnya, penerima didik membaca keterangan, menyimak video dan mengamati gambar banyak sekali jenis makanan khas daerah, terutama makanan khas kawasan yang ada di wilayahnya masing-masing. Pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan internet sebagai sarana untuk mendapat banyak sekali warta tersebut. Dari proses pengamatan ini muncullah rasa keingintahuan siswa wacana bahan-bahan apa yang dipakai untuk menciptakan makanan tersebut dan bagaimana teknik pembuatannya. Mereka kemudian mengumpulkan warta sebanyak-banyaknya wacana banyak sekali aspek kompetensi yang harus dikuasai, contohnya bahan-bahan dan cara pembuatannya yang begitu banyak tersedia di internet dan juga perpustakaan. Mereka juga menggali warta dengan melalui wawancara dengan orang yang terbiasa menciptakan makanan khas kawasan tersebut.
Dalam proses pembelajaran ini, penerima didik dibagi menjadi 4 kelompok, satu kelompok terdiri dari 10-11 orang. Masing-masing kelompok menciptakan satu makanan yang terbuat dari umbu-umbian. Mereka menganalisis dan merancang proses pembuatannya, langkah-langkah apa sajakah yang harus dijalankan untuk menciptakan produk tersebut. Pada pertemuan ini mereka juga membagi kiprah untuk masing-masing anggota kelompok.
Semoga proses pembelajaran ini bisa meningkatkan daya kreatifitas mereka, perilaku tanggung jawab, kerjasama dengan teman, ketekunan, dan banyak sekali sifat aktual lainnya yang akan bermanfaat dalam kehidupan mereka.
Adapun Gallery proses dan hasil pengolahan yang dibentuk diantaranya:


























0 Response to "√ Asyiknya Menciptakan Masakan Dalam Pelajaran Prakarya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel